logo

Article

Article

HASIL SELANGIT DARI LAHAN SEMPIT

Pupuk NPK Hi-Grade bukan saja cocok digunakan untuk tanaman sawit. Produk ini bisa diaplikasikan kepada tanaman lain seperti hortikultura, kakao, dan karet. Ini terbukti membantu petani dan pelaku kebun mendapatkan hasil selangit di saat keterbatasan lahan.

Baskara Liga mengatakan kondisi di sejumlah perkebunan kelapa sawit tanah mineral umumnya mulai berkurang tingkat kesuburan tanahnya. Indikatornya adalah unsur C organik berada di kisaran ≥ 0,5-0,7% tergolong tingkat kesuburan tanah sangat rendah. Padahal, tingkat kesuburan tanah dengan indikator C organik kisaran ≥ 1-2 tergolong rendah, kisaran 2,01 – 3 tergolong sedang, kisaran 3,01 – 5 kategori tinggi dan lebih dari 5 kategori sangat tinggi.

“Penggunaan bahan kimia tinggi dan secara terus menerus juga mengganggu pertumbuhan rumput-rumputan (soft grass). Hal inilah menjadi cikal bakal kerusakan mata rantai ekosistem. Jika ekosistem terganggu maka penyakit tanaman akan mendominasi seperti saat ini penyebaran jamur Ganoderma sp menjadi dominan,” ujar Baskara.

Di lahan yang dikelolanya, Baskara Liga membudidayakan tanaman buah di pot (sistem tabulampot). Keistimewaan pupuk NPK Hi-Grade dapat meningkatkan kesuburan tanah di pot. Sebab, Hi-Grade menggabungkan keunggulan bahan organik, Bio (Mikroorganisme) dengan bahan kimia (pupuk An organik), dan dilengkapi unsur mikro antara lain: B, Zn, Cu, dan Fe. Sebelumnya, Baskara menerapkan aplikasi Haramax, produk NPK Bio yang dipasarkan oleh PT Satya Agrindo Perkasa.

Baskara mengakui setelah aplikasi pupuk NPK bio tidak perlu lagi mengganti tanah dalam pot. Sebab ada beberapa pendapat bahwa budidaya tanaman dalam pot, tanahnya harus diganti dalam jangka waktu tertentu, tanam kurang produktif dan buah menjadi kecil. Dalam pandangan Baskara dengan penggunaan pupuk NPK Hi-Grade dan Haramax sudah mengandung Humic acid dan mengandung mikroba decomposer sehingga kotoran cacing yang terdapat di permukaan tanah dalam pot dan tambahan sampah dedaunan buah-buahan yang ditunas dapat menjaga tingkat kesuburan tanah dalam pot, oleh sebab itu tanpa penggantian tanah ekosistem di dalam pot masih terus terpelihara dengan baik. “Dengan ekosistem yang seimbang akan merangsang pertumbuhan cacing di dalam tanah dan membantu pembuatan pori-pori tanah, karena penasaran pernah saya mengutip kotoran cacing dari areal perkebunan yang diaplikasi NPK Hi-Grade lalu analisa ke laboratorium mikrobiologi dan sangat menakjubkan semua mikroba dari pupuk NPK Hi-Grade ada dikotoran cacing yang dianalisa,” ujarnya.

Pupuk NPK Hi-Grade ini membantu pekebun di saat lahan semakin sempit, tetapi produksi bisa selangit. “Dari asosiasi planters kami terpikir bagaimana dari lahan sempit tetapi hasil bisa selangit. Artinya bisa budidaya di tanah kelas yang jelek sekalipun asalkan kandungan C organik tanah diperbaiki dan terjaga. Kami suplai bahan organik dan dibantu pupuk dengan kandungan beragam mikroba. Fakta sudah bicara, saya ini pemakai dan praktisi, kami tanam buah-buahan dengan penggunaan pupuk NPK Hi-Grade dan Haramax kayaknya berbuah setiap saat jadi tidak ikut musim, tanaman produktif, berat buah tidak berubah dan bahkan kalau rasa lebih manis,” kata Baskara.

Baskara mengakui mikroba lignolitik di dalam NPK Hi-Grade dapat berfungsi mendekomposisi bahan organik yang mengandung zat lignin sekalipun dan menekan berbagai jamur atau bakteri pathogen. Fungsinya juga salah satunya menjadi agen hayati pengendalian jamur Ganoderma sp. Selain itu, ada beberapa jenis mikroba terpilih yang disesuaikan kebutuhan tanaman dan iklim di Indonesia. Contohnya saja, mikroba jenis azospirillium sp., azotobacter sp., berfungsi mengikat unsur N dari udara bebas bagi tanaman. Kedua, bacillus sp., Aspergillus sp., Lactobacillus sp., melepas unsur P dari ikatan logam berat sehingga unsur ini akan tersedia bagi tanaman dan mengoptimalkan penyerapan unsur K bagi tanaman.

“Bicara mikroba, dalam kandungan pupuk tersebut sudah lengkap karena mengandung mikroba agen hayati, fiksasi unsur N, dekomposer bahan organik dari zat selulosa, hemiselulosa, lignin bahkan juga mengandung mikroba penghasil fitohormon. Oleh karena itu, kami berterima kasih kepada PT Satya Agrindo dan tim karena memasarkan pupuk NPK Hi-Grade dan Haramax. Banyak fungsi dari pupuk ini yang juga bermanfaat kepada lingkungan,’ paparnya. (Qayuum Amri)
Article HASIL SELANGIT DARI LAHAN SEMPIT

Latest Article

SATYA AGRINDOTERIMA PENGHARGAAN GOLDEN EUROPE AWARD FOR QUALITYSATYA AGRINDO
TERIMA PENGHARGAAN GOLDEN EUROPE AWARD FOR QUALITY
PT Satya Agrindo Perkasa menerima penghargaan Golden Europe Award for Quality pada akhir Oktober 2018. Pupuk yang dihasilkan perusahaan menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan.

’SENJATA BIO’ DALAM PUPUK KELAPA SAWIT
Ibarat maju ke medan pertempuran, senjata yang mumpuni merupakan kelengkapan mutlak digunakan pasukan untuk menghadapi serangan musuh yang menghadang. Begitupun dalam menghadapi medan pertempuran di dunia perkebunan kelapa sawit, senjata utama yang digunakan adalah pupuk yang mempunyai kemampuan tinggi untuk menahan serangan hama dan penyakit di samping menghadapi tantangan tingkat kesuburan tanah yang kian tergerus.
HASIL SELANGIT DARI LAHAN SEMPIT
Pupuk NPK Hi-Grade bukan saja cocok digunakan untuk tanaman sawit. Produk ini bisa diaplikasikan kepada tanaman lain seperti hortikultura, kakao, dan karet. Ini terbukti membantu petani dan pelaku kebun mendapatkan hasil selangit di saat keterbatasan lahan.

CONTACT US

Taman Palem Lestari Ruko
Pelangi Blok A No. 2 Cengkareng Barat
Jakarta Barat, 11730.

SUPPORT

satyariadi.sap@gmail.com
08111899886
021-55957682 – 021-55957681
Copyright © 2018 - PT Satya Agrindo Perkasa All Rights Reserved
Jasa Pembuatan Website by IKT