logo

Article

Article
Penggunaan Pupuk Bioorganik Lebih Efisien

Penggunaan Pupuk Bioorganik Lebih Efisien

Jakarta - Penggunaan pupuk bioorganik dapat menghemat dosis pemupukan 30-50% dibandingkan pemakaian pupuk lain. Karena itu, dalam beberapa tahun terakhir penggunaan jenis pupuk tersebut meningkat. Hal itu juga terjadi seiring banyaknya perusahaan perkebunaan dan petani yang mulai jenuh menggunakan pupuk kimia tunggal.

Direktur Utama PT Satya Agrindo Perkasa (Satya Agrindo) Juswar Halim mengatakan, penggunaan pupuk bioorganik dapat meningkatkan efisiensi pemupukan dan perbaikan struktur tanah. “Sekarang, mereka beralih kepada pupuk majemuk atau NPK yang ditambah unsur organik dan hayati. Ini dapat menghemat dosis pemupukan 30-50% dibandingkan pemakaian pupuk lain," kata Juswar dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (25/11).

Untuk itu, lanjut dia, Satya Agrindo bekerja sama dengan PT Kujang Agri Mulia menghasilkan pupuk bioorganik, NPK Hi-Grade dan Haramax, yang menyasar perkebunan dan petani di sentra kelapa sawit, seperti Riau. "Kami melihat peluang untuk mengisi kebutuhan perkebunan sawit nasional. Pupuk NPK Hi-Grade termasuk produk pionir di industri pemupukan nasional,” kata dia.

Menurut dia, ada beberapa jenis mikroba yang terkandung dalam NPK Hi-Grade. Dampaknya, dosis pemupukan lebih hemat. “Bisa dibandingkan, apabila penggunaan pupuk NPK merek lain mencapai 9-12 per kilogram (kg) per pokok tanaman per tahun. Sedangkan NPK Hi-Grade cukup rata-rata 6 kg per pokok tanaman per tahun," ujar dia.

Konsultan Perkebunan Sawit Sugiyono menyebutkan, pupuk Haramax dan NPK Hi-Grade membantu pemulihan akar karena mengandung unsur hara makro dan mikro komplit. Kedua unsur hara itu dibutuhkan tanaman yang kekurangan unsur hara dan air selama musim El Nino. Di dalam Haramax dan NPK Hi-Grade juga terdapat kandungan Humic Acid maupun Mycorrhiza untuk menjaga ketahanan tanaman dari dampak negatif kekeringan. “Setelah mengaplikasikan pupuk NPK Hi-Grade dan Haramax, pertumbuhan tanaman relatif lebih baik dan produksi tidak turun signifikan," kata Sugiyono.
Article Penggunaan Pupuk Bioorganik Lebih Efisien

Latest Article

SATYA AGRINDOTERIMA PENGHARGAAN GOLDEN EUROPE AWARD FOR QUALITYSATYA AGRINDO
TERIMA PENGHARGAAN GOLDEN EUROPE AWARD FOR QUALITY
PT Satya Agrindo Perkasa menerima penghargaan Golden Europe Award for Quality pada akhir Oktober 2018. Pupuk yang dihasilkan perusahaan menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan.

’SENJATA BIO’ DALAM PUPUK KELAPA SAWIT
Ibarat maju ke medan pertempuran, senjata yang mumpuni merupakan kelengkapan mutlak digunakan pasukan untuk menghadapi serangan musuh yang menghadang. Begitupun dalam menghadapi medan pertempuran di dunia perkebunan kelapa sawit, senjata utama yang digunakan adalah pupuk yang mempunyai kemampuan tinggi untuk menahan serangan hama dan penyakit di samping menghadapi tantangan tingkat kesuburan tanah yang kian tergerus.
HASIL SELANGIT DARI LAHAN SEMPIT
Pupuk NPK Hi-Grade bukan saja cocok digunakan untuk tanaman sawit. Produk ini bisa diaplikasikan kepada tanaman lain seperti hortikultura, kakao, dan karet. Ini terbukti membantu petani dan pelaku kebun mendapatkan hasil selangit di saat keterbatasan lahan.

CONTACT US

Taman Palem Lestari Ruko
Pelangi Blok A No. 2 Cengkareng Barat
Jakarta Barat, 11730.

SUPPORT

satyariadi.sap@gmail.com
08111899886
021-55957682 – 021-55957681
Copyright © 2018 - PT Satya Agrindo Perkasa All Rights Reserved
Jasa Pembuatan Website by IKT