logo

Article

Article
Inovasi Terdepan Teknologi Pupuk Berbasis Organik & Bio

Inovasi Terdepan Teknologi Pupuk Berbasis Organik & Bio

PT Satya Agrindo Perkasa berhasil mengembangkan teknologi produk berbasis organik dan bio untuk membenahi kesuburan tanah dan meningkatkan nutrisi tanaman. Menjadi solusi di saat tanah jenuh dengan pemakaian pupuk kimia.

Di saat pekebun dan praktisi meragukan formulasi campuran pupuk organik, anorganik, dan mikroba, PT Satya Agrindo Perkasa sudah mengembangkan teknologi ini dari tahun 2006 untuk membantu pembenahan kesuburan tanah. Ketelitian dan kerja keras tim riset PT Satya Agrindo Perkasa dapat menjawab keraguan tersebut dengan menghasilkan beragam produk berbasis organik dan bio.

“Awalnya, banyak yang tidak percaya bahwa kami bisa blending pupuk kimia, organik, dan mikroba. Ada yang bilang ide kami gila. Semua ini menjadi tantangan bagi kami untuk menghasilkan yang terbaik,” kata Juswar Halim, Direktur Utama PT Satya Agrindo Perkasa di Jakarta.

Semenjak awal pengembangan teknologi NPK plus organik dan hayati, perusahaan sudah memprediksi penggunaan pupuk kimia akan berkurang secara bertahap. Pasalnya salah satu penyebab penurunan kesuburan tanah akibat pemakaian pupuk kimia dalam jangka waktu panjang. Juswar menyebutkan teknologi produknya menggunakan teknologi pupuk berbasis organik & bio. Semua unsur makro dan mikro yang dibutuhkan tanaman sudah lengkap di dalam produk PT Satya Agrindo Perkasa.

Dalam setiap perbincangan dan pertemuan dengan partnernya, Juswar menganologikan kebutuhan pupuk bagi tanaman ibarat manusia yang butuh asupan nutrisi dari makanan. Jadi manusia tidak sebatas memerlukan gizi saja melainkan bisa memproses makanan secara baik. Sehingga kesehatan dan pertumbuhan tubuh tetap terjaga.

Perkembanga tanaman yang baik tidak hanya dipengaruhi kecukupan nutrisi. Menurut Juswar Halim, mekanisme pengolahan makanan juga berpengaruh kepada pertumbuhan tanaman. Disinilah peranan mikroba yang ditambahkan ke dalam tanah untuk membantu proses penggemburan tanah dan mengubah zat serta materi organik menjadi bentuk yang mudah diserap oleh tanaman.

Sutisna Sintaatmadja, Direktur PT Kujang Agri Mulia, menyebutkan bahan organik mampu mengurangi penggunaan pupuk anorganik. Selain itu, bahan organik juga merupakan sumber energi bagi mikroba tanah, dengan berkurangnya bahan organik maka perkembangan mikroba tanah yang menguntungkan tanaman akan berkurang juga populasinya, tapi mikroba yang merugikan tanaman akan berkembang dengan cara menyerang tanaman inangnya.

Ditambahkan Sutisna, perbaikan kesuburan tanah pada dasarnya ditujukan untuk optimalisasi sifat-sifat tanah guna meningkatkan kapasitas dalam mendukung produktivitas tanaman. Dengan penyehatan zona perakaran menjadi target baru karena terbukti memberikan manfaat ganda terhadap tanah dan tanaman. Lebih lanjut lagi, menurutnya, pemakaian bahan organik dan pupuk hayati menjadi media kondusif bagi pertumbuhan akar.

“Kecukupan bahan organik akan membuat mikroba tanah berkembang dengan baik sehingga penggunaan pupuk kimia dapat dikurangi,” tambah Sutisna.

Atas dasar inilah, PT Satya Agrindo Perkasa bekerjasama dengan PT Kujang Agri Mulia menghasilkan pupuk dengan formula berbasis bahan organik dan mikroba unggul. Juswar Halim mengklaim produknya memakai teknologi formulasi paling terdepan dibandingkan pupuk NPK dan pupuk berbasis organik lainnya. Kalau produk lain berupa bioenzim organik dan pestisida organik. “Produk Satya Agrindo bukan sekadar pupuk biasa melainkan semua kandungan lengkap dalam satu produk mulai dari anorganik, organik dan mikroba,”dijelaskan Juswar.
Article Inovasi Terdepan Teknologi Pupuk Berbasis Organik & Bio

Latest Article

SATYA AGRINDOTERIMA PENGHARGAAN GOLDEN EUROPE AWARD FOR QUALITYSATYA AGRINDO
TERIMA PENGHARGAAN GOLDEN EUROPE AWARD FOR QUALITY
PT Satya Agrindo Perkasa menerima penghargaan Golden Europe Award for Quality pada akhir Oktober 2018. Pupuk yang dihasilkan perusahaan menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan.

’SENJATA BIO’ DALAM PUPUK KELAPA SAWIT
Ibarat maju ke medan pertempuran, senjata yang mumpuni merupakan kelengkapan mutlak digunakan pasukan untuk menghadapi serangan musuh yang menghadang. Begitupun dalam menghadapi medan pertempuran di dunia perkebunan kelapa sawit, senjata utama yang digunakan adalah pupuk yang mempunyai kemampuan tinggi untuk menahan serangan hama dan penyakit di samping menghadapi tantangan tingkat kesuburan tanah yang kian tergerus.
HASIL SELANGIT DARI LAHAN SEMPIT
Pupuk NPK Hi-Grade bukan saja cocok digunakan untuk tanaman sawit. Produk ini bisa diaplikasikan kepada tanaman lain seperti hortikultura, kakao, dan karet. Ini terbukti membantu petani dan pelaku kebun mendapatkan hasil selangit di saat keterbatasan lahan.

CONTACT US

Taman Palem Lestari Ruko
Pelangi Blok A No. 2 Cengkareng Barat
Jakarta Barat, 11730.

SUPPORT

satyariadi.sap@gmail.com
08111899886
021-55957682 – 021-55957681
Copyright © 2018 - PT Satya Agrindo Perkasa All Rights Reserved
Jasa Pembuatan Website by IKT